Rabu, 07 Juli 2010

Bagaimana mendapatkan merpati balap yang baik?

Mendapatkan merpati balap dari keturunan yang baik dapat dilakukan dengan cara membeli pada breeder (peternak). Kebanyakan penggemar yang merpati balapnya sering menjuarai hcrbagai lomba juga berperan sebagai peternak. Namun, peternak scring kekurangan stok karena hampir semua pemain lapangan selalu pesan keturunan juara.

Sementara jumlah merpati juara relatif sedikit. Bila terpaksa harus membeli di pasar burung, tentunya harus super hati-hati. Memang secara umum harga di pasaran lebih murah dibanding bila membeli pada peternak yang telah diakui prestasinya. Namun, kualitas merpati yang ada di patiaran kurang dapat dipertanggungjawabkan. Bukannya di pasaran tidak ada merpati yang baik, tetapi untuk mendapatkan burung baik di pasaran ini sangat sulit. Biasanya justru burung-burung yang tidak berkualitas yang dijual di pasaran secara borongan oleh peternaknya. Jika menemukan merpati baik yang telah berprestasi, kebanyakan penjual mendapat bandangan atau merpati curian.

Penggemar yang memiliki merpati balap tangguh meskipun itidak suka atau sudah bosan jarang yang mau menjualnya di pasarburung. Mengingat jika pemilik yang menjual di pedagang burung justru jauh lebih murah. Tentu saja hal ini kurang menguntungkan. Oleh karena itu, mereka lebih baik menjualnya pada sesama penggemar yang masih menghargai merpati balap yang telah berprestasi tersebut dengan nilai yang relatif tinggi.
 
Merpati Balap Jember Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template