Rabu, 14 Juli 2010

Waktu yang tepat untuk melatih merpati balap

Latihan pada merpati balap tentunya tidak bisa dilakukan kapan saja, tetapi harus mengetahui waktu yang terbaik untuk latihan sehingga hasil dari latihan dapat diraih semaksimal mungkin. Misalnya latihan rutin biasanya dilakukan hampir sama dengan menjelang lomba, yaitu sejak hari Kamis hingga Minggu. Selama satu minggu kemudian istirahat karena bertelur dan pada minggu berikutnya dilakukan latihan lagi. Kebanyakan penggemar melakukan latihan rutin pada sore hari antara pukul 15.00-17.00 atau pagi hari antara pukul 08.00-10.00.

Mengatur waktu latihan ini memang terasa unik di mana ada dua hal yang bertolak belakang yang harus dihindari. Merpati halap saat lomba dituntut tampil prima dan siap bertanding kapan saja, tetapi secara alami ia pun harus bertelur dan mengeram. Tentu saja hal ini membuat kondisinya menurun. Oleh karena itu, latihan harus disesuaikan dengan jadwal lomba agar selalu bisa inenerjunkan merpati yang unggul.

Menentukan waktu bertelur merpati balap merupakan seni tersendiri bagi kalangan penggemarnya. Lomba yang diadakan hampir setiap dua minggu sekali waktunya harus ditentukan se¬hingga penggemar secara serentak bisa mengatur jadwal bertelur pada waktu yang sama.

Kegiatan mengatur merpati bertelur juga menjadi keasyikan tersendiri. Namun, bagi yang belum pernah atau penggemar pe¬mula, akan mengalami kesulitan. Bila memiliki merpati balap yang bertelur tidak tepat, bisa diubah sesuai waktu yang diinginkan. .
Satu contoh jika merpati bertelur pada hari Rabu agar kelak bisa bertelur tepat pada hari Sabtu merpati dibiarkan mengerami telurnya hingga pada Sabtu malam telurnya diambil. Demikian selanjutnya waktu bertelur selalu dipantau dan diatur agar bisa setiap hari Sabtu.
 
Merpati Balap Jember Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template