Senin, 18 Maret 2013

Perkandangan merpati balap

Kandang untuk beternak dapat dilakukan dalam kandang pemeliharaan merpati balap. Namun, sebagian penggemar merpati balap sudah banyak yang mencoba untuk beternak dalam kandang¬kandang khusus. Kandang-kandang tersebut bisa berbentuk tunggal atau dobel. Kandang tunggal dapat dibuat dari tripleks atau papan yang dibentuk kotak dengan diberi lubang pintu dan sirkulasi udara. Sementara di bagian dasarnya dibuat semipermanen (dapat ditarik keluar untuk dibersihkan) menyerupai sangkar burung.

Kandang dobel bentuk dalamnya sama dengan kandang tunggal. Hanya saja bagian luar dibuat lebih besar dan menggunakan tutup kawat ram dengan pintu lebar. Kini yang mulai dikembangkan penggemar khusus beternak adalah bentuk kandang dobel bertingkat dan kandang bersama.

Bentuk kandang bertingkat sama dengan kandang dobel hanya saja diletakkan berdekatan dan bersap-sap. Setiap pasang merpati balap ditempatkan dalam kandang yang masih dilindungi oleh kandang lagi. Sementara kandang bersama sebenarnya merupakan kandang-kandang tunggal yang diletakkan dalam kandang besar. Kandang ini didesain agar merpati yang diternak tidak bisa keluar kandang dengan bebas (dikelilingi pagar kawat).

Bentuk kandang apa pun yang digunakan memang tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas anakan yang dihasilkan. Meskipun demikian, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah kandang untuk beternak.
 
Merpati Balap Jember Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template