Sabtu, 02 Oktober 2010

Kandang untuk ternak merpati balap


Bentuk kandang apa pun yang akan digunakan untuk beternak harus aman dari berbagai gangguan, seperti anak-anak bermain dan binatang. Jika kandang diletakkan di dekat tempat bermain, saat mengeram akan terusik dan mengakibatkan telur tidak menetas atau rusak. Bahkan, jika sampai kandang dimasuki binatang seperti tikus dan kucing, tidak hanya telur yang dimakan, terkadang induk dan anakannya juga turut dimangsa.

Untuk itu, kandang harus ditempatkan di daerah yang jauh dari keramaian. Selain penempatan kandang, untuk keamanan merpati, sebaiknya kandang yang digunakan adalah kandang dobel, dobel bertingkat, atau kandang bersama yang sekitarnya dikelilingi kawat ram. Dengan demikian, diharapkan binatang tidak bisa masuk ke dalam kandang.
Sementara untuk menghindari gangguan binatang kecil seperti semut maupun kutu, kandang harus selalu terjaga kebersihannya. Bila perlu, bisa disemprot dengan pembasmi semut maupun kutu. Jenis binatang kecil ini juga berbahaya terhadap keselamatan anak merpati.
 
Merpati Balap Jember Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template