Jumat, 22 Januari 2010

Burung merpati secara umum

Burung merpati dapat dikatakan jenis burung yang paling dekat dengan manusia. Burung ini sangat unik, selain postur tubuhnya yang manis dan menarik, juga tingkah lakunya sangat menggemaskan. Tampak jinak, namun sebenarnya tidaklah mudah untuk dipegang.

Pada jaman dahulu, saat meletus perang dunia kedua, burung merpati turut mengambil bagian dalam membantu jalanya komunikasi di kancah peperangan tersebut. Tugasnya cukup penting, yaitu membawa dari garis belakang ke medan perang. Dari peristiwa inilah burung merpati dilatih untuk mengantarkan surat dan bertindak sebagai tukang pos, selanjutnya di sebut sebagai merpati pos.

Burung merpati sangat mudah diternak dan dipelihara. Selain itu, jenis burung ini juga sangat pomah, yaitu mudah menetap menyesuaikan diri dengan lingkungan pemeliharaannya. Oleh karena itu, semakin banyak penggemar dan pemeliharaanya.

Di indonesia, burung merpati disebut juga burung dara, penyebaranya hampir merata. Salah satu keistimewaan burung merpati dari indonesia ialah ukuran tubuhnya paling besar dibandingkan dengan jenis burung merpati dari negara lain. Panjang tubuhnya bisa mencapai 15 cm. Terutama jenis merpati kipas, ukuran tubuhnya agak lebih besar dan bongsor. Lain lagi dengan di Amerika tengah, ada burung merpati sangat kecil, sekecil burung pipit. sehingga di beri nama merpati pipit.
Burung merpati warnanya sangat beragam, ada yang berwarna abu-abu, coklat, hitam, putih, atau kombinasi dari warna-warna tersebut. Dalam hidupnya, burung merpati senantiasa mencari pasangan tetap yang akan menjadi pasanganya sampai mati. Oleh karena itu, apabila hendak berniat beternak atau memelihara burung merpati, sebaiknya dicari dari keturunan indukan bagus.


 
Merpati Balap Jember Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template