Rabu, 20 Januari 2010

Berternak Burung Merpati

Merpati atau burung dara sejak dahulu telah dimanfaatkan sebagai penghasil daging, selain untuk lomba. Merpati dikelompokkan sesuai dengan berat badan, yaitu tipe berat(merpati american swiss modane, white king, silver king, auto sexing king dan auto sexing texan pioneer), tipe medium: merpati red/white carneaux dan amerian giant honer) dan tipe ringan (merpati Hungarian dan spuabbling homer).

Pemeliharaan merpati dapat dibagi 3, yaitu pameran, produksi daging dan penampilan. Pemeliharaan untuk tujuan produksi daging akan menghasilkan burung merpati muda (squab). Kriteria yang di tekankan dalam pemilihan bibit yaitu jumlah anak merpati yang montok, sehat dalam jangka waktu yang lama, tegar dan tahan penyakit. Induk merpati harus lincah dan mempunyai maternal bihavior yang baik (merawat anaknya dengan baik) sementara perjantan yang dipilih harus giat kawin, terutama sesaat sebelum betina mulai bertelur. Induk harusnya menghasilkan 14-15 ekor anak/tahun selama setidak-tidaknya 5 tahun.

*) Membuat kandang pada prinsipnya ada 2 macam kandang merpati, yaitu kandang pasangan tunggal (single pair) dan kandang pasangan ganda (multiple pair). Sebaiknya kandang diletakkan ditempat-tempat yang tinggi dari permukaan tanah, terlindung angin hujan, serta predator (pemangsa).

Kandang juga harus bersih dan kering, dihadapkan pada arah sinar matahari. Kandang pasangan ganda (multiple pair digunakan jika ada lebih dari 8 pasang merpati.

Produksi susu merpati akan semakin berkurang dengan bertambahnya umur,
Kandang yang kotor atau padat kemungkinan adanya penyakit atau parasit, seperti kutu dan kuman, pakan yang basi dapat menyebabkan burung merpati akan sakit. Untuk tips penangannya agar terhindar dari penyakit adalah sbb:

1. Bersihkan kandangnya maximal satu minggu sekali.

2. Buatlah kandang baru jika burung merpati sudah terlalu banyak agar terhindai dari kepengapan.

3. Arahkan kandang kearah sinar matahari agar burung merpati dapat hidup sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

4. Buatlah kandang burung merpati di tempat yang tinggi.

5. Selamat mencoba dan kesuksesan akan menjadi milik anda.


Sumber:
http://andimuhammadaliblogs.blogspot.com

 
Merpati Balap Jember Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template