Jumat, 15 Januari 2010

Pigeon Performance














Semua burung diciptakan, dilengkapi, dan memiliki cara terbang dengan memanfaatkan angin. Karena terbang membutuhkan energi yang besar, burung telah diciptakan dengan otot dada yang kuat, jantung yang besar dan kerangka yang ringan. Tingkat energi yang tinggi yang diperlukan oleh burung untuk terbang dihasilkan oleh metabolisme tubuh yang cepat untuk menghasilkan energi yang besar . Bukti kehebatan penciptaan pada burung tidak berhenti pada tubuhnya saja, banyak burung dapat menggunakan cara tertentu untuk menurunkan energi dan berat badan secara cepat pada saat yang diperlukan. Semua kelebihan yang dimiliki seekor burung merpati membentuk suatu kesatuan kompak yang menciptakan performance dari seekor merpati.

Pigeon performance suatu kinerja atau hasil kerja/prestasi dari seekor merpati (panjangnya) adalah kemampuan seekor merpati yang memiliki beberapa keunggulan seperti gaya terbang yang bagus, mampu terbang cepat, mampu terbang tinggi, mampu terbang dalam waktu yang lama, mampu menukik/terjun dengan sangat cepat, dan mampu mendarat/landing dengan sempurna. Serta memiliki kecerdasan/intellegence yang bagus, naluri/karakter/mental tanding/gameness yang bagus, serta memiliki fisik/anatomy yang bagus pula. Sehingga tercapainya suatu prestasi (hasil kerja/kinerja) berkualitas dan kuantitas dari seekor merpati yang dicapai melalui proses yang efektif dan efisien.

Pigeon Performance (singkatnya) tercapainya suatu prestasi (hasil kerja/kinerja) berkualitas dan kuantitas dari seekor merpati yang dicapai melalui proses yang efektif dan efisien.

3 CORE VALUES
















Banyak artikel dan buku tentang merpati yang memberikan tips, teknik, dan strategi mengenai bagaimana merawat, dan melatih seekor merpati dengan baik untuk mencapai suatu prestasi/performance yang memuaskan begitu pun banyak artikel dan buku yang memberikan tips, metode, dan cara-cara bagaimana mengembang biakan merpati sehingga menghasilkan calon-calon merpati juara baru yang sesuai dengan keinginan para peternak. Akan tetapi ada 3 pilar kekuatan (core values) yang patut kita pahami lebih jelas.

Seperti yang kita ketahui bahwa merpati adalah mahluk yang diberikan talenta / kelebihan yang cukup banyak dan merpati sudah dikenal cukup lama bahkan sejak sebelum masehi menjadi teman manusia sebelum anjing (sumber : 21 amazing facts about pigeon). Dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki oleh merpati tetap semua kelebihan itu akan kembali kedalam 3 pilar kekuatan.

Sebelum melangkah lebih jauh selayaknya kita satukan persepsi dan perlu mengetahui bahwa kinerja / performance seekor merpati sangat ditentukan oleh 3 pilar kekuatan (core values) yang penting yang saling mengisi dan mempengaruhi satu dengan yang lainnya sehingga tercipta suatu kinerja / performance yang bagus, yaitu :
  1. Kecerdasan / Intellegence. Suatu kekuatan otak / kecerdasan yang membuat membuat seekor merpati mampu mengingat jalan pulang ke kandang walaupun dilepas dalam jarak yang cukup jauh, dan sebagainya.
  2. Karakter mental / naluri / Gameness / Attitude. Suatu kekuatan mental tanding yang membuat seekor merpati mampu membalikkan keadaan kalah / terjepit menjadi menang (gameness), pantang menyerah, berani, mudah beradaptasi dengan lingkungan, setia dan pe-cemburu, semangat yang tinggi, mau / mudah dilatih, dan sebagainya.
  3. Fisik / Anatomy .Suatu kekuatan fisik dalam pengertiannya adalah fisik luar dan fisik dalam / internal and external organ yang membuat seekor merpati mampu terbang dalam waktu yang lama, mampu terbang dengan cepat. Contohnya fisik luar yaitu memiliki bulu sayap dan ekor yang baik dan bagus, mata yang baik, otot yang kuat dan fleksibel , dan sebagainya. Sedangkan fisik dalam yaitu tulang yang kuat dan ringan, jantung yang baik, paru-paru yang bagus, dan sebagainya, serta pencernaan bagus yang menunjang metabolisme tubuh seekor merpati yang sangat cepat dibandingkan dengan mahluk yang lain, metabolisme yang cepat ini bertujuan untuk menghasilkan energi yang cukup besar dipakai merpati untuk terbang.
Ketiga pilar kekuatan diatas sangat menentukan kinerja / performance dari seekor merpati, kemudian kita juga perlu ketahui bahwa ketiga pilar kekuatan tersebut sangat ditentukan atau dipengaruhi oleh 3 faktor penting yang lainnya, yaitu :

Sumber:
http://tritunggalpigeonfarm.blogspot.com
 
Merpati Balap Jember Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template