Jumat, 15 Januari 2010

Kemampuan Merpati Terbang















Selain dari faktor genetic, faktor psychologist, dan faktor environment yang dapat mempengaruhi kemampuan seekor burung merpati ada faktor lain yang mempengaruhi kemampuan seekor burung merpati untuk terbang tinggi , terbang cepat, terbang dalam waktu yang lama, mampu bermanuver di udara lalu terjun kebawah dengan sangat cepat serta landing yang sempurna yaitu dilihat dari beberapa faktor anatomi yang cukup dominan :
  1. Faktor bobot tubuhnya harus se ringan mungkin.
  2. Faktor kerangka tulang yang kuat dan ringan.
  3. Faktor otot yang baik/kering (tidak berlemak).
  4. Faktor bulu yang baik, bulu sayap dan ekor yang kuat tebal dan rapat, juga harus memiliki lapisan minyak yang cukup untuk membuat bulu kedap udara,membuat bulu tidak mudah basah karena hujan,dapat menjaga suhu tubuh.
  5. Memiliki nafas yang baik, memiliki paru-paru yang bagus karena untuk terbang tinggi memerlukan tenaga yang cukup besar untuk melawan/menerpa arus angin, kemudian bila diatas langit semakin tinggi maka semakin tipis oksigen yang tersedia oleh karena itu harus memiliki -paru yang bagus.
  6. Harus memiliki mata yang tajam sehingga dapat melihat dalam jarak jauh ( Burung buta tidak akan dapat terbang, burung yang memiliki mata rabun,dsb,tidak dapat terbang tinggi).
  7. Memiliki kaki yang cukup kuat dan panjang agar mampu landing dengan sempurna di darat.
  8. Faktor keseimbangan tubuh yang baik untuk bermanuver di udara dan terjun kebawah.
  9. Faktor kekuatan dan tenaga yang dihasilkan dari pencernaan yang baik dan metabolisme tubuh yang cepat.
Sumber:
http://tritunggalpigeonfarm.blogspot.com
 
Merpati Balap Jember Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template