Selasa, 20 Juli 2010

Kandang Merpati balap

Setiap jenis merpati mempunyai bentuk kandang yang berbeda-beda. Jenis merpati yang dipelihara dapat diketahui dengan melihat model kandangnya. Kandang merpati balap rata-rata tidak inenempel langsung di tanah, sama halnya kandang merpati yang menyerupai kandang ayam. Bentuk kandang merpati pos diletakkan sekitar 0,5-1,5 m dari tanah.

Model kandang merpati balap ada dua bentuk, yaitu kandang tunggal dan dobel. Pada kandang tunggal biasanya hanya berbentuk hotak dengan satu pintu. Jika dibuka, pintu tersebut bisa menjadi alas masuk atau tempat bertengger. Sementara kandang dobel memiliki pintu seluas kandang tersebut dan di dalamnya terdapat sangkar kecil. Sangkar ini digunakan untuk mengurung merpati betina sehingga ketika merpati jantan dilepas tidak menjadi masalah. Burung ini selalu ada di sekitar merpati betina dan tidak mau terbang jauh.

Ukuran kandang dobel lebih besar dibanding kandang tunggal. Kandang-kandang ini kebanyakan diletakkan menempel di dinding rumah ataupun dinding pembatas (pagar). Hal ini dimaksudkan agar merpati merasa selalu dekat dengan pemilik maupun jokinya. Perlu diperhatikan dalam peletakan kandang diusahakan pada pagi hari dan terkena sinar matahari.

Bagaimanapun model kandang tersebut, yang paling penting dan perlu mendapat perhatian adalah perawatan terhadap kandang tersebut. Demi kesehatan dan terjaganya kondisi tubuh merpati, scbaiknya kandang setiap hari harus selalu dibersihkan.

Kandang sebaiknya tidak hanya bersih dari kotoran merpati, tetapi juga harus bersih dari kutu ataupun sarang semut. Bila ada tanda-tanda terdapat kutu dan semut, kandang bisa disemprot dengan desinfektan. Beberapa contoh desinfektan: Rodalon, Asepto, dan Dettol.
 
Merpati Balap Jember Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template