Rabu, 21 Juli 2010

Cara Memandikan Merpati Balap

Di samping kebersihan kandang, kebersihan merpati sebagai penghuninya juga penting. Untuk menjaga kesehatan, merpati juga perlu dimandikan. Selain itu, mandi juga berguna untuk menjaga kebersihan bulu agar tampak bersih, mengilat, rapi, serta bebas dari serangan penyakit atau kutu.

Memandikan merpati minimal satu minggu sekali. Waktu memandikan sebaiknya juga diperhatikan apakah merpati terserang kutu atau tidak. Jika terserang kutu, saat memandikan bisa menggunakan shampo khusus pembasmi kutu burung yang banyak terjual di pasaran. Setelah dimandikan merpati harus dijemur. Penjemuran sebaiknya tidak sampai lebih dari pukul 11.00.

Mengingat merpati suka mandi maka selain dimandikan burung ini juga bisa dibiarkan mandi sendiri. Beri saja bak-bak mandi baik di luar kandang maupun di dalam (untuk kandang umbaran). Jika bak mandi dibuat semacam kolam sebaiknya tingkat kedalamannya bisa dibuat bertingkat. Ini memberikan alternatif bagi merpati untuk memilih kedalaman yang disukai. Bak mandi apapun yang digunakan sebaiknya minimal dibersihkan setiap dua hari sekali dan lebih baik jika setiap hari. Hal ini dimaksudkan agar air mandi selalu dalam kondisi bersih dan tidak tercemar.


Merpati yang telah selesai mandi biasa menjemur diri. Untuk merpati yang diletakkan di dalam kandang sebaiknya di lingkungan sekitarnya cukup terkena sinar matahari. Selain itu juga bak mandi sebaiknya tidak permanen sehingga begitu selesai mandi bisa cepat diambil (agar kandang tidak lembab).

Ketika berjemur merpati selalu membersihkan badannya dan mematuk kutu-kutu bulunya. Ketika terasa bulunya agak kering merpati juga melapisi bulunya dengan minyak. Minyak yang dipro¬duksi oleh setiap unggas termasuk merpati balap terdapat dalam kantong minyak pada pangkal ekor.

Kebiasaan merpati dalam merawat bulu ini sangat baik untuk menunjang keindahan dan kerapian serta kesehatannya. Selain itu, juga berguna untuk mendukung kecepatan dan kelincahan terbang serta menghadapi cuaca yang kurang baik. Cuaca yang kurang baik tersebut misalnya lomba di lokasi yang berhawa sejuk atau saat dilepas terjadi gangguan cuaca, seperti hujan dan berkabut.
 
Merpati Balap Jember Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template