Minggu, 04 Juli 2010

Merpati Balap sebagai Aset Wisata

Pada perkembangan akhir-akhir ini ketangkasan merpati balap justru mendapat angin segar dari semua pihak baik aparat keamanan maupun pemda setempat. Namun, masih dalam batas¬hatas tertentu dengan menghilangkan unsur judi dan lebih (litekankan pada atraksi wisata.

Ketangkasan merpati balap yang dapat dilakukan di mana saja ini memberikan peluang untuk dijadikan paket atraksi wisata sehingga dapat ditonton secara menarik di tempat yang diinginkan. Apalagi ketangkasan merpati balap merupakan ciri khas bentuk pacuan merpati di Indonesia yang tidak ada di negara mana pun.

Dalam menyambut ATF (Asia Tourism Forum) dl Surabaya awal tahun 1996, ketangkasan merpati balap menjadi salah satu, paket atraksi wisata yang disuguhkan pada para duta-duta wisata Asia. Sejak itulah kini aparat yang berwenang tidak hanya di Surabaya, tetapi di seluruh Indonesia bersedia memberikan ijin pelaksanaan lomba merpati balap.


Sejak ATF 1996 lomba-lomba merpati balap semakin sering diadakan. Bahkan, ada beberapa pemerintah daerah yang menginginkan atraksi ketangkasan merpati balap diadakan di daerahnya secara rutin sehingga memicu perkembangan penggemar di daerah tersebut. Tempat pelaksanaan lomba juga semakin merata khususnya di pulau Jawa. Akibatnya kini penghobi merpati balap semakin bertambah seiring dengan banyaknya kegiatan yang digelar di berbagai daerah.
 
Merpati Balap Jember Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template