Jumat, 02 Juli 2010

Sejarah Merpati Balap

Sulit dilacak bagaimana asal mulanya hingga muncul merpati pacuan yang tangguh dan kini banyak dikembangkan di kalangan penggemar. Tahun berapa bentuk pacuan merpati ini pertama muncul tidak diketahui secara pasti. Yang jelas merpati pacuan merupakan hasil perkawinan silang antara merpati-merpati unggul dari jenis tertentu sehingga menghasilkan penerbang yang sangat
handal.

Belgia diakui sebagai negara pertama yang mengadakan pacuan merpati. Olah raga pacuan merpati dianggap yang paling menyenangkan dan sangat populer di masyarakat Belgia. Sementara di Inggris pacuan merpati diperkirakan terjadi pada akhir abad 19.
Bentuk pacuan merpati yang dikembangkan di Belgia dan Ing¬gris serta kemudian berkembang ke berbagai negara lain adalah merupakan aduan merpati pos. Karena sudah tidak lagi digunakan sebagai pengirim berita dan beralih fungsi sebagai merpati pacuan akhirnya merpati pos juga dikenal dengan nama merpati pacuan.

Jenis jenis merpati pacuan diduga berasal dari jenis anwerp, dragon, dan old english carrier. Munculnya merpati pacuan merupakan hasil perkawinan silang antara merpati-merpati yang mempunyai keunggulan di bidang penerbangan melalui uji coba bertahun-tahun. Akhirnya muncullah merpati balap yang semakin cepat, mampu menempuh jarak beribu-ribu kilometer, mempunyai naluri pulang sangat tinggi, dan sanggup menghadapi rintangan alam ataupun cuaca.
 
Merpati Balap Jember Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template